ALICE'S WONDERLAND

Translate

Rabu, September 12, 2012

Books "THE EYES OF THE DRAGON"




Judul Asli : THE EYES OF THE DRAGON
Copyright © Stephen King, 1987
Illustration copyright © David Palladini, 1987 
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Rosemary Kesauly
Desain sampul : Ratu Lakhsmita Indira
Cetakan I : Mei 2012 ; 472 hlm 

[ source ]
Raja Roland dari Kerajaan Delain tidak tertarik dengan wanita, hingga mendadak di usia menjelang 50 tahun, ia diingatkan untuk mencari pewaris kerajaan. Nah, pewaris tentunya harus merupakan keturunannya. Maka tergopoh-gopohlah pihak istana mencari wanita yang cocok menjadi sang Ratu. Dari 6 calon, Raja Roland tertarik dengan Sasha yang baru berusia 17 tahun. Singkat cerita, mereka menjadi Raja dan Ratu yang baik, memiliki 2 putra yaitu Peter dan Thomas. Peter adalah pewaris Kerajaan Delain maka semenjak kanak-kanak ia telah dipersiapkan dan dilatih sebagai calon Raja Delain. Rakyat Delain mencintai dan menghormati Ratu Sasha yang bijaksana dan sangat cerdas. Maka ketika beliau meninggal saat melahirkan Thomas, dan Peter baru berusia 5 tahun.

Raja Roland kehilangan pegangan. Maka beliau mencari dukungan dari satu-satunya orang yang ia percaya, yaitu Flagg – sang penyihir istana. Tiada yang mengetahui bahwa justru Flagg dalang dibalik kematian sang Ratu. Ia bahkan telah membuat rencana untuk  melenyapkan Raja Roland sekaligus menggusur Peter dari posisi pewaris Kerajaan Delain. Dan ketika semua rencana busuk namun sangat cerdik itu berjalan sesuai rencana, Raja Roland tewas dan Peter dituduh sebagai pembunuhnya, Flagg tinggal ‘meletakkan’ Thomas – putra kedua yang mudah dipengaruhi, sebagai Raja Delain yang baru. 



[ source ]
Stephen King terkenal dengan gaya penulisan yang agak aneh dan senantiasa beraliran ‘dark’ seperti ‘dark-fantasy’ ataupun ‘dark-suspence’. Maka tak heran jika kisah fantasi ini pun penuh dengan berbagai ‘dark-humour’ di sana-sini. Dengan pergantian narasi antara karakter-karakter dalam kisah ini, diselingi dengan sisipan dialog dirinya dengan pembaca, justru membuat suasana lebih hidup. Pembaca bukan hanya berperan secara pasif, namun dibuat sedikit interaktif  bagai penonton drama komedi dengan beliau sebagai naratornya. 

Jika Anda mencari kisah tentang Naga, maka jangan harap akan mendapatinya disini. Yang ada justru Naga yang sudah tewas terbunuh (uppss...apakah ini ‘spoiler’ – kurasa tidak terlalu berpengaruh), lalu apa kaitan judul dengan kisah ini ? Nah, itu membutuhkan penjelasan yang agak panjang, sebaiknya Anda baca sendiri kisahnya untuk mengerti ya (^_^). Yang jelas, ini kisah yang lucu, aneh, menarik, aneh lagi, dan membutuhkan segenap daya imajinasi serta fantasi tergila yang bisa Anda keluarkan. Dengan ending yang membuatku ‘berkerut’ (sedikit bingung dan aneh kembali), penulis bukannya menutup sebuah chapter, malahan membuka kesempatan untuk chapter berikutnya. Apakah ini berarti beliau berkeinginan membuat sekuel kisah ini ? 

Tentang Penulis :
source ]
Stephen Edwin King ( 21 September 1947 ), adalah seorang penulis asal Amerika, dengan genre kontemporer horor, suspense, sci-fi, dan fantasi. Buku-bukunya telah terjual lebih dari 350 juta copy dan banyak diantaranya telah diadaptasi sebagai film layar lebar, serial TV dan graphic novel maupun komik. Beliau telah merilis sekitar 50 novel ( beberapa dengan nama pena Richard Bachman ) dan 5 non-fiksi, juga sekitar 200 cerita pendek yang dibuat sebagai kompilasi 9 kumpulan cerita pendek. 

[ source ]
Penghargaan atas karya-karyanya sangat banyak, mulai dari Bram Stoker Awards, World Fantasy Awards, hingga British Fantasy Society Awards. Novelnya 'The Way Station' mendapat nominasi Nebula Award, dan cerita pendek 'The Man In The Black Suit' menerima penghargaan O. Henry Award. Pada tahun 2003, the National Book Foundation memberikan penghargaan the Medal for Distinguished Contribution to American Letters. Dan terhadap kontribusinya pada dunia literatur sepanjang karir menulisnya, penghargaan seperti World Fantasy Award for Life Achievement ( 2004 ), the Canadian Booksellers Association Lifetime Achievement Award ( 2007 ), dan the Grand Master Award from the Mystery Writers of America ( 2007 ) berhasil dikumpulkan dalam koleksi penghargaannya.

Stephen King menikah dengan Tabitha King, seorang penulis, memiliki 3 orang anak, dua diantaranya Joe Hill dan Owen King, dan mereka semua adalah penulis. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang beliau, silahkan langsung berkunjung ke : 

[ all information about the author are collected from source

Best Regards, 
* Hobby Buku * 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar