ALICE'S WONDERLAND

Translate

Sabtu, Januari 12, 2008

Books "THE GREAT GHOST RESCUE"

Books "OPERASI PENYELAMATAN HANTU"
Judul Asli : "THE GREAT GHOST RESCUE"
Copyright by Eva Ibbotson
Illustration by Kevin Hawkes
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Cetakan I :  Desember 2002 ; 192 hlm
Alih Bahasa : Indah S. Pratidina
Rate :  4 0f 5

Kastil Craggyford sebagaimana kastil-kastil lain pada jaman itu memiliki hantu-hantu. Yang menempati kastil ini adalah keluarga yang terdiri dari ayah - si Kilt Melayang (hantu Skotlandia yang terbunuh saat Perang Otterburn sehingga kaki-kakinya terpotong), ibu - Mabel (adalah hag - wanita penyihir bersayap) dengan 3 orang anak yaitu George - sang Tengkorak Menjerit, Winifred Meratap - anak perempuan yang suka meratap lama, lalu ada pula Humphrey si Mengerikan - namun ia sama sekali tidak mengerikan atau menakutkan bahkan menyeramkan seperti sebagian besar hantu sehingga hal ini sangat merisaukan kedua orang tuanya, walau mereka menyayangi Humphrey. Mereka keluarga yang sangat bahagia dan sangat beruntung karena tinggal di tempat yang paling disukai hantu. 

 
[ source ]
Tentu saja mereka mengira akan terus tinggal bahagia di Kastil Craggyford selama 500 tahun - 1000 tahun atau 3000 tahun lagi. Tapi dunia di luar berubah - kehidupan mulai jadi sulit dan berbahaya bagi hantu. Mereka sekeluarga tidak menyadari betapa sulit dan berbahaya situasinya, sampai suatu malam gelap berbadai, sesaat sebelum Halloween ..... datanglah hantu Bibi Hortensia dengan kereta kudanya, terusir karena tempat tinggalnya dipugar. Maka bertambahlah penghuni Kastil Craggyford. Akan tetapi, keamanan serta kenyamanan itu tidak berlangsung lama, karena kemudian giliran Kastil Craggyford yang dipugar dan dimodernisasi - ini merupakan mimpi buruk bagi para hantu. Maka dengan sangat berat, mereka sekeluarga meninggalkan tempat tinggal mereka selama 500 tahun, mengungsi mencari tempat yang lebih cocok bagi para hantu.

Setelah berkuda selama beratus-ratus kilometer menempuh perjalanan sulit sekaligus melelahkan, akhirnya para hantu (yang bertambah pengikutnya, Shuk - hantu anjing langka yang sekarang menjadi peliharaan Humphrey) menemukan Kastil yang dirasa cocok sebagai tempat tinggal baru. Tanpa disadari bahwa yang mereka masuki sebenarnya asrama anak lelaki Sekolah Kastil Norton. Di sinilah Humphrey berkenalan dengan Richard Henderson atau dipanggil Rick. Rick adalah anak yang serius dan suka mengikuti berita tentang keadaan dunia, terutama menyangkut pelestarian hal-hal langka yang mengalami kepunahan. 

[ source ]
Saat mendengarkan kisah Humphrey, Rick berpikir bahwa para hantu harus dibantu dicarikan tempat yang lebih baik (tentu saja Sekolah Kastil Norton tidak termasuk didalamnya), mungkin semacam suaka hantu - bagaimana pun hantu khan termasuk hal-hal yang akan mengalami kepunahan. Lewat saran Barbara, sahabatnya yang cerdas - putri juru masak sekolah, Rick membuat rencana untuk pergi ke Gedung Parlemen di Wesminster, London menemui Perdana Menteri guna mengajukan usulan ini.

Maka pada saat yang ditetapkan, berangkatlah Rick beserta keluarga Humphrey menuju London. Barbara tetap tinggal untuk menjaga serta memberi alasan atas kepergian Rick. Dalam perjalanan yang panjang menuju London, rombongan Rick berjumpa berbagai hantu & makhluk-makhluk aneh yang telah mendengar tentang Suaka Hantu ( walau belum terlaksana ) & meminta ikut serta dalam rombongan, karena keadaan mereka juga memburuk dilingkungan temapt tinggal asal masing-masing.

Akhirnya tibalah Rick menghadap Perdana Menteri untuk mengajukan usulan tentang Suaka Hantu. Perdana Menteri saat itu didampingi seorang pria bernama Lord Bullhaven ( yang tampak mengerikan ). Lord Bullhaven menawarkan lahan luas miliknya yang tak terpakai bernama Insleyfarne, di pantai timur laut Skotlandia, untuk digunakan sebagai Suaka Hantu. Dengan persetujuan serta bantuan Perdana Menteri, maka dimulailah keberangkat rombongan hantu ditemani Rick ke tempat tinggal mereka yang baru. Setibanya rombongan di Insleyfarne, mereka sangat menyukai dan bahagia dengan lingkungan tempat tinggal baru ini hingga Rick yang telah menyelesaikan tugasnya, kembali dengan hati tenang ke sekolahnya.

[ source ]
Para hantu dengan seketika memulai rutinitas kehidupan baru mereka. tak berapa lama berdatangan hantu-hantu lain yang turut mengungsi dan diterima dengan tangan terbuka - Suaka Hantu berjalan dengan lancar dan semakin banyak berkumpulnya hantu-hantu dipenjuru Inggris. Tanpa mereka sadari, Lord Bullhaven bukanlah seorang kaya raya yang dengan baik hati memberikan tanahnya bagi tempat sekumpulan hantu dan makhluk yang dibencinya. Ia sengaja membuat perangkap agar mereka semua berkumpul - kemudian ia memanggil para pendeta dan pastur untuk melakukan 'eksorsis' atau pemusnahan makhluk-makhluk tersebut. 

Saat para penghuni menyadari hal tersebut, sudah terlambat untuk melarikan diri, perlahan-lahan mereka satu persatu lenyap dimusnahkan, hanya Humphrey yang bertahan untuk keluar dari lingkungan tersebut. Ia hanya berpikir satu-satunya manusia yang dapat membantu adalah Rick - tapi apakah ia mampu mencari dan menemukan Rick yang berada ribuan kilometer jauhnya, sedangkan tubuhnya mulai melemah dan perlahan-lahan memudar .....

[ more about the author and her related works, check on here : Eva Ibbotson | Kevin Hawkes' Site | The Great Ghost Rescue | Movies Adaptation (2011) ]

Best Regards,
* Hobby Buku *
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar