ALICE'S WONDERLAND

Translate

Sabtu, Januari 12, 2008

Books "WHICH WITCH ?"

Books "PENYIHIR MENCARI ISTRI"
Judul Asli : "WHICH WITCH ?"
Copyright by Eva Ibbotson
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Cetakan II : Agustus 2003 ; 256 hlm
Alih Bahasa : Listiana Srisanti
Rate : 5 0f 5

Keluarga Canker yang tinggal di Todcaster memiliki seorang anak laki-laki istimewa, karena sejak bayi ia telah menunjukkan tanda-tanda akan menjadi seorang penyihir besar. Saat beranjak dewasa, putra yang sekarang dijuluki Arriman - Wizzard of the North (Penyihir Utara) mendiami bangunan Darkington Hall bersama dengan Lester - sang pelayan pribadi yang berwujud ogre - raksasa bertubuh besar yang geraknya lambat, beserta Mr. Leadbetter, sekretarisnya- manusia normal namun memiliki ekor kecil, dan ada pula hantu Sir Simon Montpelier, yang semasa hidupnya telah membunuh semua istrinya).
Suatu saat peramal terkenal Esmeralda membuat ramalan bahwa telah tiba waktunya muncul penyihir baru yang hebat yang akan menggantikan posisi Arriman. Sang Arriman yang telah menantikan masa-masa pensiun dari tugas-tugasnya sebagai penyihir terhebat, menunggu dan menunggu kedatangan penggantinya. Bahkan ia membuat Penunggu Khusus yang akan mengetahui segera kehadiran penyihir baru. Namun waktu terus berlalu tanpa ada tanda-tanda kemunculan yang dinantikan. Arriman sangat jengkel serta menjadi sangat tidak sabaran.


 
[ source ]
Mr. Leadbetter, sekretaris yang pandai, ia mendapat ide agar pengganti yang ditunggu-tunggu segera muncul - maka Arriman harus memiliki keturunan segera, berarti ia harus segera beristri. Karena Arriman tidak mau terjebak dalam pernikahan dengan wanita yang tidak disukai (cukup sulit karena Arriman bukanlah pria yang suka memikirkan atai bergaul dengan wanita), maka sekretarinya mengusulkan diadakannya kontes "Mencari Istri" yang tepat dan cocok bagi Arriman (tentu saja Arriman sebagai salah satu juri yang menyeleksi)
Setelah diumumkan ke seluruh penjuru Todcaster, maka pada hari yang ditentukan datanglah para penyihir wanita Todcaster ke Darkington Hall. Mereka adalah Mabel Wrack (penyihir laut yang merupakan keturunan putri duyung, dengan familiarnya Doris - seekor gurita); Ethel Feedbag (penyihir desa yang sederhana dengan familiarnya seekor babi); Nancy dan Nora Shouter (penyihir kembar yang gemar bertengkar dengan familiar masing-masing berupa seekor ayam yang juga mirip satu dengan lainnya).  

Ada pula Mother Bloodwort (penyihir tua yang sangat pelupa, terutama setelah merapal ilmu merubah diri sehingga ia tidak dapat kembali kebentuk asalnya - paling sering berubah menjadi meja kopi berkaki empat); dan Belladona (penyihir hitam yang sangat 'putih' karena ia tak mampu membuat sihir yang begitu hitam walau telah berusaha keras setiap saat). Selain itu muncul penyihir baru yang aneh dan menakutkan kekuatan sihirnya, bernama Madame Olympia (penyihir enchantress yang bertujuan memikat Arriman dan mengambil alih kekuasaan serta kekayaannya setelah Arriman dibunuh sebagaimana semua mantan suami Madame Olympia).
[ source ]
Kekuatan sihir Madame Olympia melebihi semua peserta penyihir wanita, maka kemungkinan terbesar ia yang akan keluar sebagai pemenang. Walaupun tidak ada yang mengetahui rencana busuk Madame Olympia, namun Lester dan Mr. Leadbetter sangat khawatir dengan kekejian sihir wanita itu. Mereka berdua lebih menyukai Belladonna yang baik hati, sayangnya ia sangat 'putih' tanpa ada tanda-tanda 'ke-hitaman-nya'
Namun nasib Belladona segera berubah saat ia menolong Rover, cacing tanah peliharaan Terence - anak yatim piatu yang misterius. Saat berdekatan dengan Rover, Belladona mampu melakukan sihir hitam. Maka sejak saat itu Rover dijadikan familiar-nya dengan Terence sebagi pemdampingnya (ia melarikan diri dari panti asuhan yang dikelola oleh Matron yang keji). Hal ini membuat peluang Belladona mengalahkan Madame Olympia dalam kontes semakin besar. 
Akan tetapi saat penetuan akhir, tiba-tiba Rover lenyap tanpa bekas. Mr. Leadbetter mencurigai ulah Madame Olympia yang ingin melenyapkan semua pesaingnya. Tapi tanpa ada bukti yang jelas, sulit membuktikannya. Tanpa sepengetahuan Belladona yang sibuk mempersiapkan diri, Mr. Leadbetter beserta Lester bekerjasama dengan Terence mencari akal muslihat agar Belladona tetap berhasil dalam ujian Sang Arriman. 

[ source ]
Untuk itu Terence harus kembali ke kota, ke tempat dimana panti asuhan yang dibencinya berada, demi Belladona yang disayanginya. Terence berhasil dalam misinya, tapi dalam perjalanan kembali menuju Darkington Hall - ia tertangkap dan dikembalikan ke panti asuhan, bertemu dengan Matron yang sangat membenci Terence, terutama saat ia dirubah menjadi pohon ketika Belladona menolong Rover dan Terence. 
Bagaimana kelangsungan ujian yang dijalani Belladona sebagai peserta terakhir dimana Madame Olympia telah mencapai nilai tertinggi diantara semua peserta yang lain - tanpa mengetahui bahwa Rover telah lenyap bahkan ia kemungkinan tak akan bertemu lagi dengan Terence. Bagaimana dengan nasib Arriman yang tanpa disadari terancam nyawanya begitu ia menikah dengan Madame Olympia, jika Belladona kalah nilai.

[ more about the author and her related works, check on here : Eva Ibbotson | Kevin Hawkes' Site
 
Best Regards,
* Hobby Buku * 
  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar