ALICE'S WONDERLAND

Translate

Selasa, Januari 29, 2008

MONSTER MISSION

" MISI MONSTER "
--------------------------------
Eva Ibbotson

Cover Illustration copyright by John Kelly
Illustration copyright by Teresa Sdralevich
Gramedia Pustaka Utama
Cetakan 01 , October 2005
Novel Fantasi
Poppy Damayanti
312 hlm , 20 cm
---------------------------------

Di suatu pulau yang tersembunyi, jauh dari mana pun, tinggallah keluarga yang terdiri dari 5 bersaudara wanita dengan ayahnya. Mereka bernama Kapten Harper dengan putri-putrinya Ettta, Dorothy, Coral, Betty & Myrtle serta Art-pelayan & koki di pulau. Keistimewaan mereka karena misi yang dijalani dalam kehidupan sehari-hari, yaitu menjaga, merawat, memelihara kelestarian dari makhluk-makhluk yang cukup langka saat ini di dunia yang semakin kacau. Mulai dari keluarga putri duyung yang ditolong saat terkena limbah minyak yang tumpah di lautan, selkie yang mirip anjing laut namun sebenarnya sejenis peri yang berasal dari roh-roh manusia yang meninggal di laut, boobrie (sepupu dari jenis burung dodo), cacing stoor yaitu naga tanpa sayap langka berasal dari Islandia, dan masih banyak lagi makhluk-makhluk yang datang & menetap tidak mau pergi dari pulau tersebut. Tentu saja keluarga ini tidak mampu menolak bahkan mengusir makhluk-makhluk ini, akan tetapi seiring dengan proses waktu, wanita-wanita ini semakin tua & tentunya tenaga mereka semakin berkurang, bagaimana nasib para penghuni pulau jika mereka meninggal dunia? Apalagi saat Betty yang muak dengan kehidupan di pulau memutuskan menikah dengan inspektur pajak & tinggal di Newcastle, Tyne dengan putranya Boo Boo & putrinya Si Mungil. Masalah bertambah ketika Dorothy ditangkap & dipenjara di Hongkong saat memprotes pembunuhan pangolin menjadi steik dengan memukul pemilik restorant dengan wajan . Maka ketiga wanita bersaudara tersisa yang dipanggil para 'Bibi' terpaksa mengambil keputusan - harus menculik anak-anak yang masih muda karena lebih bertenaga serta mampu untuk belajar cepat sebagai pengganti mereka kelak.
Anak-anak yang diculik haruslah mereka yang tinggal bahagia hidup ditempat mereka saat ini, sehingga jika dibawa tinggal di pulau terpencil maka hal itu akan membahagiakan kehidupan mereka selanjutnya. Maka para bibi berangkat menyamar sebagai bibi-bibi pendamping anak dari kantor BibiSerbaBisadi kota London. Setelah beberapa lama menyamar di kota (yang merupakan siksaan bagi 3 bersaudara), maka akhirnya Etta bertemu Minette, gadis cilik yang hidupnya terbagi antara ibunya, aktris di London & ayahnya, profesor Tata Bahasa di Edinburgh. Minette menjalani hidup yang bergantian setiap minggu karena orang tuanya berpisah & senantiasa bertengkar karena berbeda pendapat dalam segala hal. Maka dalam suatu perjalanan menuju Edinburgh, Minette diculik. Sedangkan Coral bertemu dengan Fabio, anak laki-laki dari seorang penari klab di Rio dengan Henry Mountjoy,bangsawan Inggris kaya raya yang mencari peruntungan di Amerika Selatan. Sebelum ayahnya meninggal karena sakit, beliau meminta kedua orang tuanya untuk merawat cucu mereka satu-satunya di Inggris. Maka Fabio berubah nama menjadi Hubert-Henry Mountjoy yang walau dengan kekayaan yang ada, ia sangat tidak bahagia karena di Inggris dianggap rendah & hina bahkan oleh kedua kakek-neneknya. Keluarga Mountjoy mendapati suatu hari saat cucu mereka berangkat menuju kembali ke sekolah, ia tidak pernah masuk sekolah lagi & menghilang tanpa jejak.
Suatu hari, saat matahari telah bersinar dengan cerah, Minette & Fabio mendapati mereka terbangun di suatu pulau terpencil yang sangat indah & dengan ingat telah diculik. Sambil menunggu kesempatan melarikan diri (yang cukup sulit karena letak pulau yang jauh dari mana pun), mereka mulai menjalani rutinitas kehidupan baru yang dijelaskan oleh para Bibi. Hanya saja ada masalah lain, Myrtle yang tidak pernah sanggup hidup di tempat lain selain di pulau, membuat kesalahan dengan membawa Lambert Sprott, putra tunggal pengusaha kaya yang manja & sulit diajak kerjasama, apalagi Lambert sangat tidak senang dengan kehidupan di pulau (masalahnya bagaimana cara mengembalikan Lambert tanpa membahayakan keberadaan pulau & penghuni yang dirahasiakn dari khalayak umum). Berbeda dengan Minette & fabio yang segera dapat menyesuaikan diri bahkan jika mengingat kehidupan mereka sebelumnya tanpa terasa mereka lebih bahagia & hidup saat di pulau.
Akan tetapi kebahagiaan & kesibukkan di pulau tanpa disadari akan terusik karena Lambert yang diam-diam berhasil mencuri kembali ponselnya, menghubungi ayahnya-pengusaha yang kaya dengan menghalalkan segala cara (termasuk membunuh jika diperlukan). Apalagi dengan kesibukkan akan persiapan kedatangan makhluk Luar Biasa yang sudah langka hidup di dunia, yaitu Craken yang akan menempuh perjalanan mengelilingi dunia untuk memperbaiki & membuat perubahan di dunia, turut serta bayi Craken yang masih rentan perlindungan. Maka tugas & tanggung jawab Minette & Fabio semakin besar, bahkan mereka menyadari bahaya yang akan terjadi, tetapi jika harus mengorbankan nyawa mereka melawan penjahat-penjahat keji pasukan Mr. Sprott yang serakah - maka hal itu akan dilakukan - demi keluarga baru yang mereka sayangi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar