ALICE'S WONDERLAND

Translate

Minggu, Februari 03, 2008

Books "THE AMULET OF SAMARKAND"

THE BARTIMAEOUS TRILOGY : " THE AMULET OF SAMARKAND " ( book 1 )

Jonathan Stroud

Gramedia Pustaka Utama

Cetakan 01 , Mei 2007

Novel Fantasi

Poppy Damayanti Chusfani

512 hlm , 20 cm

---------------------------------

NATHANIEL
Nathaniel adalah seorang bocah yang diangkat sebagai murid oleh Penyihir Arthur Underwood sesuai dengan peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah. Namun Impian menjadi penyihir besar tampaknya tidak dapat segera diwujudkan oleh Nathaniel karena pertama Mr. Underwood bukanlah seseorang yang senang berurusan dengan anak kecil, sehingga ia tidak segera memberikan pengajaran tentang sihir yang bermutu melainkan mengalihkan Nathaniel pada pelajaran ilmu pengetahuan umum yang dirasakan membosankan serta menjemukan bagi sang bocah yang sangat ambisius (kecuali pelajaran seni & lebih karena sang guru Ms. Lutyens yang mengasihi & menaruh perhatian pada Nathaniel, selain Mrs. Underwood-istri gurunya). Akibatnya seringkali terjadi bentrokkan-bentrokkan kecil akibat ketidaksabaran Nathaniel untuk berkembang lebih cepat berlawanan dengan keinginan Mr. Underwood. 

Namun puncak dari permasalahan besar yang akan merubah nasib Nathaniel, saat sang guru kedatangan tamu-tamu penting - sesama penyihir. Terjadi peristiwa yang mengerikan saat Nathaniel 'dipermalukan' oleh salah satu penyihir terkenal Simon Lovelace yang mengakibatkan Nathaniel mengambil keputusan untuk 'membalaskan dendam' dengan cara yang luar biasa. Dari kejadian 'memalukan' tersebut Nathaniel memperoleh banyak masukan yaitu bahwa ia tidak lagi menaruh rasa hormat pada sang guru yang tidak membela muridnya hanya karena takut dengan pengaruh Simon Lovelace bahkan tega memecat Ms. Lutyens - satu2nya orang yang berani membela dirinya saat disiksa oleh Simon Lovelace & bahwa ia harus dapat belajar sendiri secara diam-diam meningkatkan kemampuan sebagai penyihir. 

Maka setelah Nathaniel menguasai kemampuan yang tidak diketahui oleh gurunya, ia melakukan sesuatu yang luar biasa - seorang diri Nathaniel melakukan pemanggilan jin bernama Bartimaeus & memberikan tugas untuk mencuri Amulet Samarkand yang berkekuatan dahsyat milik Master Penyihir Simon Lovelace yang berkuasa serta amat kejam & ambisius (tanpa menyadari resiko besar yang akan terjadi akibat perintah tersebut)

BARTIMAEUS
Bartimaeus adalah jin luar biasa yang usianya lebih dari 5.000 thn. Dikenal dengan nama besarnya Sakhr al-Jinni, N'gorso yang Hebat, sang Ular dari Silver Plumes, dan telah berhubungan dengan banyak penguasa besar seperti Solomon & Ptolomaeus. Dan yang paling berbeda karena Bartimaeus memiliki 'kepibadian' yang menarik - ia bukan jin penurut apalagi sopan & memiliki kecerdasan serta kesombongan yang cukup tinggi (apalagi jika melihat urutan derajat status). Namun betapa jengkel hati Bartimaeus saat mendapati bahwa penyihir yang berhasil memanggil dirinya hanya anak kecil &dengan berani memerintahkan dirinya melakukan perbuatan yang bukan saja berbahaya & beresiko tinggi (sesuatu yang menantang & menarik, tapi Bartimaeus memang suka mengeluh & mengomel dengan kata-kata yang sama sekali tidak sopan). Maka dengan terpaksa Bartimaeus melaksanakan perintah mutlak dari master barunya & bukan Bartimaeus namanya jika tidak dapat melaksanakan tugas 'kecil' dengan bumbu berbahaya. Amulet Samarkand mampu diambil dari penjagaan ketat kediaman Simon Lovelace.

NATHANIEL & BARTIMAEUS
Saat Amulet Samarkand berhasil dicuri oleh Bartimaeus, rahasia tentang nama kecil Nathaniel tanpa disengaja diketahui oleh Bartimaeus yang digunakan olehnya sebagai senjata melawan Nathaniel demi menuntut kebebasannya. Namun Nathaniel tidak mau melepas jin pertamanya dengan mudah, maka dengan dengan ancaman & tipu muslihat ia menugaskan Bartimaeus menyelidiki kebenaran asal-usul Amulet Samarkand. Dan hasil yang diperoleh sangatlah menakutkan karena Simon Lovelace memperoleh Amulet Samarkand dengan mencuri dari simpanan Pemerintah & membunuh penyihir yang menjaganya. Amulet tersebut merupakan senjata ampuh yang akan digunakan untuk rencana besar yang menjadi ambisi & Impian Simon - bahkan ia tak segan untuk menumpas siapa saja yang menghalangi rencananya. 

Maka nyawa Nathaniel dalam bahaya & terbukti saat dengan mudah Simon Lovelace membunuh & menumpas keluarga Underwood & kediamannya. Nathaniel-pun menjadi sasaran juga seandainya tidak segera diselamatkan oleh Bartimaeus (bukan karena kesetian, tapi lebih karena ada kepentingan pribadi jika Nathaniel mati sebelum melepas ikatan, maka nasib Bartimaeus-pun akan sangat tidak menyenangkan). Maka dimulailah petualangan master & jin-nya dalam pelarian sembari mencari akal & jalan untuk mengungkap kejahatan Simon Lovelace beserta komplotannya. Dengan mengalami berbagai pengalaman tak enak, seperti bentrok dengan kaum commoner (kaum manusia biasa, bukan penyihir), baik Bartimaeus maupun Nathaniel dalam kesempatan yang berbeda bersinggungan dengan salah satu pemimpin pergerakkan kaum Resistance 'Kitty Jones' yang akan berperan besar dalam kehidupan mereka berdua di kemudian hari. 

Dari hasil penyelidikan & penyusupan langsung di lokasi pesta akbar yang diselenggarak Simon Lovelace bagi para pejabat penting termasuk sang Perdana Menteri Rupert Devereaux, diketahui bahwa Simon Lovelace berencana memanggil kekuatan gelap untuk menghabisi pejabat pemerintahan sehingga ia dapat membentuk suatu pemerintahan yang baru sesuai Impiannya. Dan Amulet Samarkand dibutuhkan untuk melindungi dirinya dari serangan saat kekuatan gelap muncul. Demi kepentingan pemerintah & ideologi serta demi membalaskan dendamnya - Nathaniel dibantu jin nakal Bartimaeus melawan kekuatan sihir besar seorang diri (karena para penyhir lain tidak dalam kondisi baik untuk melawan Simon Lovelace). Bagaimana hasil akhir pertempuran besar pertama Nathaniel & Bartimaeus ? Ending yang bagus sekaligus mengundang untuk melanjutkan pada buku kedua ... 

Best Regards, 
* Hobby Buku * 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar