ALICE'S WONDERLAND

Translate

Minggu, Februari 03, 2008

Books "THE GOLEM'S EYE"


THE BARTIMAEUS TRILOGY :" THE GOLEM'S EYE " ( book 2 )

Copyright (c) 2004 by Jonathan Stroud

Gramedia Pustaka Utama

Cetakan 01 , Juli 2007

Novel Fantasi

Poppy Damayanti Chusfani

624 hlm , 20 cm

----------------------------------
KATHLEEN "KITTY" JONES
Selain kaum Penyihir terdapat pula kaum Commoners (kaum manusia biasa tanpa memiliki kemampuan & keahlian sihir). Kitty Jones hidup sebagaimana normalnya anak-anak, belajar & bermain-paling sering dengan sahabat karibnya Jacob Hyrnek & melanggar hampir semua larangan orang tuanya, seperti jangan bermain atau memasuki daerah penyihir. Maka suatu hari saat mereka bermain sampai jauh memasuki area 'terlarang' terjadi malapetaka yang mengakibatkan kemarahan salah seorang penyihir sehingga ia melakukan 'Mantra Pasak Hitam' pada kedua anak tersebut. Ajaibnya Kitty selamat tanpa kurang apapun, sedangkan nasib Jacob sangat mengenaskan dengan luka-luka disekujur tubuhnya yang tak akan pulih. Kitty yang hendak menuntut sang penyihir melalui jalur hukum mendapat tentangan keras dari orang tuanya (mereka sangat takut jika ada balasan dari penyihir) & bahkan keluarga Hyrnek pun tidak antusias dengan hal tersebut. Maka seorang diri Kitty maju di persidangan & mengalami kekalahan telak & dipermalukan karena lawannya adalah Penyihir Julius Tallow Pejabat Pemerintahan bahkan Kitty dikenai denda tinggi oleh pengadilan. Sejak saat itu Kitty menaruh dendam atas ketidakadilan yang terjadi, namun ia juga kebingungan darimana mendapat dana untuk membayar denda yang tinggi sampai datang penawaran aneh dari seorang pria tua bernama Mr. Pennyfeather, yang menyanggupi membayar semua biaya pengadilan dengan syarat Kitty bergabung dengan kelompok khusus yang dibentuknya. Kelompok orang-orang biasa yang memiliki kemampuan khusus terhadap sihir seperti Kitty yang tanpa diketahui sebelumnya bahwa ia memiliki 'kekebalan sihir' (makanya nasibnya tidak seburuk Jacob). Kelompok tersebut berkembang & melawan ketidakadilan terhadap kaum penyihir dengan nama Kelompok Resistance.
NATHANIEL aka JOHN MANDRAKE
Setelah berhasil menumpas kejahatan yang didalangi oleh Simon Lovelave & mengembalikan Amulet Samarkand ke tangan pemerintah, maka sesuai dengan perjanjian berakhirlah 'kerjasama' penyihir Nathaniel & jin Bartimaeus dibebaskan kembali. Nathaniel diangkat sebagi murid Penyihir Jessica Whitwell - Menteri Pertahanan & mendapatkan pendidikan & bimbingan yang sesuai dengan keinginannya selama ini. Berkat kepandaian & ambisi Nathaniel maka dalam kurun waktu 2 thn. ia telah dianggap penyihir dengan kemampuan luar biasa & diberi penghargaan dengan menjabat sebagai Asisten Kepala Departemen Urusan Dalam Negeri dengan nama 'John Mandrake' (sdh menjadi kebiasaan bahwa penyihir harus menyembunyikan nama kecilnya agar tidak disalah-gunakan oleh para musuhnya). Bukan hal yang mudah bagi John Mandrake dalam menjalani kehidupan barunya, terutama karena banyak penyihir lain yang iri hati dengan keberhasilannya yang cukup cepat, baru berusia 14 thn.sudah menjadi pejabat pemerintah. Bahkan atasannya Mr. Julius Tallow, tidak segan-segan menimpakan kesalahan atapun tugas berat pada John Mandrake agar tidak terkena masalah. Terutama dalam menghadapi pemberontakan & teror yang dilakukan oleh kelompok Resistance dari kaum commoners yang semakin merajalela - meresahkan masyarakat penyihir. Demikian berat tugas & beban yang ditanggung oleh John Mandrake sehingga ia harus melakukan tindakan yang telah dijanjikan tidak akan pernah dilakukan kembali - ia harus 'memanggil' kembali jin menyebalkan "Bartimaeus" demi kelangsungan karirnya.
BARTIMAEUS
Jin Bartimaeus yang terkenal menikmati kebebasan setelah mengalami 'penderitaan' menjalankan tugas dari mantan masternya penyihir Nathaniel. Setelah hasil yang memuaskan (karena ia berhasil memusnahkan salah satu musuh bebuyutnya Jabor, bahkan melawan entitas gelap dalam pertarungan kasus Amulet Samarkand). Namun betapa marah (tak dapat disampaikan kata-kata / sumpah serapah yang dikeluarkan) saat ia mengalami 'pemanggilan' oleh orang yang sama Nathaniel yang sekarang bernama Mr. John Mandrake, pejabat pemerintah termuda. Akhirnya setelah melalui negosiasi yang menyakitkan, Bartimaeus akan melaksanakan tugas selama 6 minggu, setelah itu ia akan dibebaskan. Maka dimulailah petualangan baru Bartimaeus (yang seperti biasa dilakukan dengan gayanya yang menyebalkan untuk membuat jengkel masternya).
PENYIHIR JOHN MANDRAKE - JIN BARTIMAEUS
Belum selesai penangan kasus kerusuhan yang disebabkan oleh kaum Resistance, kalangan penyihir diresahkan dengan kejadian aneh dimana terjadi perusakkan besar terhadap beberapa bangunan & lenyapnya imp, foliat, petugas keamanan yang datang di tempat kejadian. Hal ini membuat para pejabat penyihir harus mengerahkan balabantuan jin-jin mereka untuk menyelidiki - dan yang meresahkan beberapa diantara mereka juga lenyap tanpa jejak, hanya ada bekas kerusakan & pertarungan yang parah di tempat kejadian. Bartimaeus yang juga harus 'me-ronda' berhasil mengikuti jejak aneh saat salah satu sahabat jin-nya lenyap pula & ia berhasil mengetahui penyebab kejadian aneh tersebut yaitu Golem (makhluk yang dibuat dari tanah liat yang diberi mantra & dikendalikan oleh seseorang yang memiliki sihir kuat). Walau kesaksian Bartimaeus tidak dipercaya karena sihir untuk mantra Golem merupakn sihir kuno yang telah hilang beribu-ribu tahun lalu, namun John Mandrake beserta Bartimaeus mendapat tugas rahasia melacak mantra sihir kuno berasal yaitu ke Praha. Melalui perjalanan jauh, John Mandrake yang dibantu mata-mata Inggris di Praha mampu melacak satu-satunya penyihir yang mampu membuat mantra kuno untuk Golem. Namun tak disangka ia menghadapi musuh lama yang muncul yaitu sang pembunuh bayaran yang bekerjasama dengan Simon Lovelace (=baca buku satu), sang penyihir beserta mantra yang dibuatnya lenyap beserta kematian sang mata-mata & John beserta Bartimaeus harus segera kembali ke Inggris tanpa membawa bukti kuat selain kabar bahwa ada orang lain dalam pemerintahan yang menginginkan mereka gagal dalam tugas - orang yang telah mengirim sang pembunuh bayaran untuk menghabisi mereka di Praha. 
KITTY JONES - THE RESISTANCE
Sementara itu Kitty & kelompoknya didekati oleh Mr. Hopkins, orang biasa yang memiliki informasi & pengetahuan luas yang sangat bermanfaat dalam kegiatan kelompok ini. Melalui beliau pula mereka dihubungkan dengan seorang penyihir yang mau m
embantu memberikan informasi yang akan bermanfaat sangat tinggi bagi kelangsungan kelompok ini. Orang tersebut memberikan informasi bahwa terdapat harta & kekuatan yang dapat digunakan didalam kuburan sang pahlawan Gladstone, sebagai imbalan ia hanya meminta jubah & tongkat Gladstoen yang sama sekali tidak mengandung kekuatan sihir. Maka suatu hari kelompok tersebut menerobos masuk & menemukan harta yang dimaksud. Dan yang terjadi berikutnya sangat mengerikan karena didalam tulang belulang Gladstone, tinggal terikat 'afrit' mengerikan & menghabisi para penjarah tersebut - kecuali Kitty yang berhasil melarikan diri membawa tongkat Gladstone. 
JOHN MANDRAKE - BARTIMAEUS - KITTY JONES
Setiba di Inggis, John Mandrake langsung dipanggil menghadap karena kehebohan kasus perusakkan makam Gladstone & lepasnya jin 'afrit' aneh yang mengacau kota. Para pejabat yakin bahwa ini semua ulah kelompk Resistance (terutama dengan ditemukan beberapa mayat didalam makam) termasuk juga masalah Golem. John Mandrake yang telah memdapat berita dari Praha tidak yakin bahwa kedua kejadian tersebut dilakukan oleh kelompok yang sama, namun karena kekurangan bukti, ia di lecehkan & disingkirkan dari penyelidikan lebih lanjut. Maka dengan tekad bulat, John Mandrake melakukan penyelidikan sendiri yang membawanya pada Kitty Jones. Setelah mengalami beberapa kali pertemuan yang tidak enak, akhirnya dengan memanfaatkan Jacob Hyrnek, John Mandrake mampu menjebak Kitty untuk muncul & menunjukkan tempat persembunyian Tongkat Gladstone yang ternyata memiliki kekuatan luar biasa yang tersimpan didalamnya. Namun pada saat-saat terakhir, muncul tamu tak diundang, jin 'afrit' Honorius muncul dari kematian (sebelumnya Bartimaeus mengira telah memusnahkan Honorius dalam suatu pertempuran) mencari tongkat yang dijaganya & berniat memusnahkan sisa penjarah. Di tengah-tengah pengejaran, tiba-tiba muncul si Golem yang bertujuan menghabisi kelompok yang tersisa - kelompok manusia yang dikhawatirkan akan membongkar rahasia rencana sang pengkhianat (yang dimaksud ini memusnahkan John Mandrake & jin Bartimaeus jika juga menghalangi, yang lainnya sebagai bonus). Bagaimana mereka dapat menghindar kali ini menghadapi lawan-lawan berat - si afrit Honorius yang gila & Golem yang tak mempan sihir manusia maupun jin ? Siapakah mata-mata yang menyusup dalam pemerintahan & dalang di balik semua kejadian yang melibatkan banyak pihak ? Baca terus ... sekali lagi ending yang tak terduga.

Best Regards, 
* Hobby Buku * 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar