ALICE'S WONDERLAND

Translate

Sabtu, Januari 12, 2008

Books "THE HAUNTING OF HIRAM"

Books "MENGHANTUI HIRAM"
Judul Asli : "THE HAUNTING OF GRANITE FALLS"
Copyright by Eva Ibbotson
Illustration by Kevin Hawkes
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Cetakan I : Januari 2005 ; 224 hlm
Alih Bahasa : Indah S. Pratidina
Rate : 5 of 5

Alexander "Alex" Robert Hamilton MacBuff adalah seorang Laird atau 'tuan tanah' dari Carra, Errering dan Sethsay yang berusia 12 tahun, tinggal sendirian di Kastil Carra didampingi bibinya Geraldine semenjak kedua orang tuanya mati tenggelam. Kehidupan Alex cukup berat terutama harus merawat kastil yang sangat besar, maka ia memutuskan untuk menjual kastil dan pindah ke tempat yang lebih kecil. 

Mr. Hiram C. Hopgood, jutawan dari Texas, Amerika setuju membeli kastil dengan harga tinggi tapi dengan satu syarat - ia tidak mau membeli kastil yang berhantu, hal ini karena Mr. Hiram memiliki seorang putri yang sakit-sakitan, dikhawatirkan akan terlalu tegang atau menakutkan jika ia bertemu dengan hantu. Maka Alex memberikan jaminan bahwa saat Mr. Hiram menempati kastil tersebut tidak akan ada hantu satupun disana.

 
[ source ]
Walaupun Alex berani memberi jaminan itu, namun ada keresahan didalam hatinya, karena selain dirinya, bibi Geraldine dan para pelayan, masih ada penghuni kastil lainnya, yaitu para hantu. Karena janji itu, maka tindakan Alex selanjutnya adalah mengungsikan para hantu ke Dunloon Hall di Northumberland, tempat Sir Ian Trottle dan Lady Trottle - saudara sepupu ibu Alex. Para hantu kastil Carra yaitu Krok Fullbelly 'sang hantu Viking', Miss Spinks 'hantu pengasuh era Victoria', Stanislaus MacBuff 'hantu paman Louise', Flossie 'hantu poltergeist', dan Cyril 'hantu anjing asisten pembantu Cerberus' - anjing penjaga penjara neraka, semuanya demi menolong Alex, berangkat mengungsi ke tempat yang sebenarnya tidak mereka sukai. Terutama karena adanya para hantu Dunloon Hall yang tidak akur dengan mereka.

Setibanya rombongan di Dunloon Hall, kedatangan para hantu untuk mendiami tempat baru tidak berjalan dengan lancar. Walau Lady Trottle sendiri menerima mereka dengan tangan terbuka, tidak demikian halnya para hantu Dunloon yang merasa diri mereka lebih tinggi derajatnya untuk tinggal bersama para hantu bekas penghuni Kastil Carra. Akibatnya suatu kali saat Cyril bermain-main dengan 'ferret' (sejenis sigung) dan meletakkannya di kursi yang kemudian diduduki Sir Ian Trottle, para hantu Dunloon menghukum Cyril sehingga ia melarikan diri kembali ke kastil Carra. Teman-teman Cyril yang kemudian mengetahui hal itu segera menyusul karena khawatir dengan kondisi Cyril, selain itu mereka sendiri sudah tak tahan berada lebih lama di Dunloon Hall.

[ source ]
Tanpa sepengetahuan para hantu, Kastil Carra telah dibongkar oleh Mr. Hiram karena hendak diboyong ke tempat tinggalnya di daerah Granite Falls, Texas - terutama sebagai hadiah bagi putri tunggalnya, Helen. Kastil yang dibongkar itu diangkut dengan kapal Queen Anne melalui Liverpool menuju New York, diikuti para hantu yang menumpang dalam kapal. Diatas kapal, dalam perjalanan mereka menemui salah satu pasangan trio aneh - Trio Zugorsky, yang terdiri dari Madame Zugorsky (yang sebenarnya Oscar Pickering), Mr. Zugorsky (aslinya Ratty Banks) beserta Carmen Zugorsky (adalah Janet Batters aka Adolfa). 

Mereka dengan Adolfa sebagai pimpinan adalah anggota CREEP (=Council for Re-Education of English People / Dewan Pendidikan Ulang Masyarakat Inggris) dengan misi mencari tambahan dana bagi kelompok mereka untuk membiayai perang yang akan dilaksanakan. Saat kawanan ini mendengar tentang Mr. Hiram serta rencana pemindahan kastil, mereka menemukan jalan masuk mendapatkan dana lebih dengan menculik Helen untuk meminta tebusan. Bagaimana pun Hiram adalah jutawan terkaya di Amerika dan sangat menyayangi putri satu-satunya.

[ source ]
Saat kapal berlabuh di tempat tujuan, para hantu mencari tempat menetap di kota Granite Falls dan menemukan gedung bioskop yang cocok dengan selera mereka. Di tempat ini pula mereka bertemu teman baru yang nantinya membantu para hantu menghadapi Trio Zugorsky, hantu sebuah Tangan (pemiliknya bernama Arthur Breet dari Inggris yang terbunuh oleh Erik Errikson saat Gold Rush di California). Adapun kawanan penjahat juga telah mendapatkan posisi yang tepat untuk melaksanakan rencana besar mereka. 

Dilain pihak, Mr. Hiram yang sibuk mengurus pembangunan kembali Kastil di kotanya, telah mengundang Alex untuk berkunjung serta menghadiri pesta besar pembukaan Kastil Carra yang baru di Granite Falls. Alex segera menyetujui untuk datang tanpa mengetahui bahwa hantu-hantunya telah berada di kota tersebut. Selama tinggal di Green Meadows (=Padang Rumput Hijau, tempat tinggal Mr. Hiram), Alex berteman baik dan menghabiskan waktu bersama Helen, putri Hiram yang semula sakit-sakitan namun sejak kedatangan Alex menemaninya bermain - ia mulai lebih sehat dan bertambah kuat.

Akhirnya setelah menunggu sekian lama, Kastil siap dibuka untuk umum bahkan Pesta Besar Mr. Hiram menjadi bahan perbincangan semua masyarakat. Alex yang juga diminta sebagai tuan rumah menyambut para tamu beserta Helen dan Mr. Hiram. Di tengah-tengah pesta itulah Alex berjumpa kembali dengan para hantu yang disayanginya. Namun kegembiraan itu hanya sebentar karena pada saat itu pula Helen diculik. Demi menolong Helen, Alex mengikuti jejak para penculik yang menyebabkan ia tertangkap dan akan dibunuh. Maka para hantu harus mengerahkan kecerdasan serta kekuatan untuk saling bekerja sama demi menyelamatkan Alex yang mereka sayangi dan hantu Tangan pun dapat menuntaskan misinya - membalaskan dendam sang pemilik, melawan kawanan penjahat yang sangat keji. Apakah Alex dan Helen dapat terselamatkan, lalu bagaimana jika Helen bertemu dengan para hantu?

[ more about the author and her related works, check on here : Eva Ibboston | Kevin Hawkes' Site ]

Best Regards,
* Hobby Buku * 
  






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar