ALICE'S WONDERLAND

Translate

Sabtu, Januari 12, 2008

Books "NOT JUST A WITCH"

Books "BUKAN SEMBARANG PENYIHIR"
Judul Asli : "NOT JUST A WITCH"
Copyright by Eva Ibbotson
Illustrations by Kevin Hawkes
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Cetakan I : Agustus 2003 ; 224 hlm
Alih Bahasa : Indah S. Pratidina
Rate : 5 0f 5 

Hecate Tenbury-Smith "Heckie" dan Dora Mayberry "Dora" adalah dua orang penyihir yang bersekolah di sekolah penyihir anti kekerasan dan telah bersahabat selama 30 tahun. Heckie adalah penyihir hewan yaitu penyihir yang mngubah sesuatu menjadi hewan sedangkan Dora adalah penyihir batu, penyihir yang mengubah sesuatu menjdi batu. Tapi saat pesta kelulusan mereka bertengkar hebat yang menyebabkan persahabatan 30 tahun putus dan mereka hidup berpisah, Heckie tinggal di kota Wellbridge sedangkan Dora menetap di kota Kidchester, 50 km dari Wellbridge.

Di kota Wellbridge tinggal seorang anak laki-laki bernama Daniel yang mengalami perubahan dalam hidupnya saat ia menemani Sumi, teman sekolahnya yang menjadi 'baby sitter' Basil Boothrough, putra keluarga kaya di The Towers. Basil bukanlah bayi normal yang menyenangkan bahkan mereka berdua menjaga tak mampu menangani kelakuan Basil. Sampai saat Sumi tertidur karena kelelahan, Daniel mengalami kejadian aneh karena Basil lenyap digantikan seekor anak anjing buldog berada diatas ranjangnya. Daniel mencari keseluruh ruangan tidak ada jejak Basil yang terlihat kecuali serbuk remah roti yang terdapat dipojok perapian. Remah roti itu sama persis dengan makanan ikan emas yang dijual di toko hewan yang sering Daniel kunjungi. Tanpa berpikir panjang, Daniel segera menuju ke toko tersebut karena khawatir jika orang tua Basil pulang dan tidak menemukan anaknya alih-alih hanya ada seekor anjing, maka ia dan Sumi dalam kesulitan besar. 


 
[ source ]
Ternyata pemilik toko yang dikenalnya telah berganti dengan seorang wanita aneh - dan ia mengaku sebagai penyihir yang merubah Basil menjadi seekor anak anjing supaya menjalani kehidupan yang lebih baik. Itulah awal pertemanan Daniell dengan Heckie. Setelah merubah kembali Basil menjadi manusia yang tidak menyenangkan, dalam rangka misinya memerangi kejahatan & membuat hidup lebih baik, dibentuklah Kelompok Pemburu Kejahatan yang bertugas mencari orang-orang yang berbuat jahat untuk dirubah menjadi hewan yang lebih baik dan berguna. 

Kelompok ini terdiri dari sekumpulan penyihir yaitu Mr. Gurgle (pemilik toko pangan yang menciptakan keju yang dapat berjalan sendiri) ; Boris Chomsky (penyihir mekanik) ; Freda Fennel (penyihir kebun yang menyihir tumbuhan menjadi ukuran2 besar) ; Madame Rosalia (penyihir bekas ratu kecantikan dan pemilik salon) dan Heckie. Turut serta dalam kelompok ini Daniel, Sumi, serta Joe. Tugas pertama Daniel adalah membantu Heckie mencari familiarnya (hewan pembantu khusus yang biasa dimiliki oleh penyihir). Heckie memutuskan untuk menciptakan familiar yang special disebut "nagcing" (naga-cacing) yang juga berfungsi sebagai detektor kejahatan  [ familiar special yang langsung berubah menjadi aneh saat bertemu siapa pun yang jahat ].  

[ source ]
Menyusul kasus Mrs. Winneypeg, pengelola Rumah Kala Senja merawat orang-orang jompo dengan cara membujuk orang-orang tersebut agar masuk sebagi anggota, kemudian mereka akan disekap dalam rumah tersebut & harta bendanya disita. Oleh Heckie dan kawan-kawan, ia dirubah menjadi seekor babi hutan bermoncong rakus, bermata biru. Sedangkan Ralp Ticker, pemilik Peternakkan Ayam Tritlington yang ternyata menyiksa ayam-ayamnya supaya berproduksi terus tanpa memperhatikan kesejahteraan maupun kualitas yang dihasilkan, maka ia dirubah menjadi hewan unik penghuni Kebun Binatang. Tapi saat mereka memburu Max Swinton, anggota Laskar Putih yang menyerang orang-orang kulit berwarna, sebelum Hecki sempat melakukan perubahan, ia mendapati bahwa sasarannya diambil alih oleh Dora - sahabat lama, sang penyihir batu.
Dora Mayberry yang berpisah dari Heckie sejak pertengkaran mereka, menetap serta membuka usaha di kotanya. Namun ia sering teringat dan rindu bertemu dengan Heckie ( demikian juga sebaliknya, namun masing-masing tidak ada yang berani mengambil tindakan untuk berhubungan kembali ). Setelah sekian lama, akhirnya Dora memutuskan pindah ke Fetington Green, terletak di pinggiran kota Wellbridge. Saat Dora merubah Max Swinton menjadi patung batu, ia tidak mengetahui rencana Heckie karena sebagaimana janji mereka sebelum bertengkar, mereka akan mengabdikan diri serta ilmu mereka untuk memerangi kejahatan. Hubungan antara Heckie dan Dora sebenarnya dapat pulih seandainya tidak ada campur tangan pihak ketiga, yaitu Lionel Knacksap, seorang pedagang bulu binatang yang mulai bangkrut karena banyaknya larangan pembunuhan hewan-hewan langka.
[ source ]
Perjumpaan Heckie dengan Lionel terjadi saat mereka berada didalam bank yang dirampok. Lionel melihat saat Heckie merubah perampok menjadi seekor tikus. Sejak itu Lionel mendekati Heckie hingga jatuh cinta bahkan mau menikah saat dilamar. Padahal Lionel memperalat Heckie agar merubah manusia menjadi hewan langka yang nantinya akan dikuliti kemudian dijual mahal. Demi memperlancar rencananya, Lionel mengadu domba Heckie dan Dora tanpa mereka sadari. Hanya teman-teman dekat Heckie, terutama Daniel yang menganggap Heckie sebagai pengganti kedua orangtuanya yang kurang peduli pada dirinya, yang merasa bahwa Lionel Knacksap adalah orang yang jahat dan berbahaya bagi Heckie. Permasalahannya bagaimana meraka membuktikan kejahatan Lionel karena ia orang yang cerdas sekaligus licik, bahkan rencana dengan menggunakan "nagcing" (yang langsung jadi sakit parah saat berdekatan dengan Lionel) tidak mampu meyakinkan Heckie.
Tapi sepandai-pandai Lionel membuat rencana, ia mengalami masalah ketika karena keserakahannya memperalat Heckie maupun Dora untuk merubah seluruh tahanan Penjara Wellbridge menjadi ratusan hewan-hewan langka. Pertemuan langsung antara Heckie dan Dora tak terelakkan-sadarlah mereka siapa sebenarnya Lionel Knacksap. Namun kedua penyihir yang bersahabat kembali ini harus bergegas menyelamatkan kembali ratusan nyawa tahanan yang dirubah menjadi hewan-hewan langka, karena Lionel telah menyiapkan tempat 'jagal' untuk membunuhnya. 

Berlomba dengan waktu dan akhirnya berhasil menggagalkan rencana jahat itu berkat kerjasama seluruh anggota Kelompok Pemburu Kejahatan, namun penyesalan terbesar dialami Heckie, karena ia telah mengabaikan peringatan serta saran teman-teman dekatnya, juga mengorbankan Daniel yang telah dianggap sebagai anaknya sendiri - Daniel yang terdorong rasa sayang pada Heckie berusaha keras menyelidiki Lionel yang mengakibatkan dirinya terluka sangat parah dan dalam keadaan kritis saat ditemukan oleh Mr. Gurgle. Heckie tak akan mampu bertahan hidup dengan kenyataan dirinya penyebab Daniel meninggal dunia .... apa yang akan terjadi dengan kehidupan mereka semua nantinya?

[ more about the author and her related works, check on here : Eva Ibbotson | Kevin Hawkes' Site ]
 
Best Regards,
* Hobby Buku * 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar