ALICE'S WONDERLAND

Translate

Jumat, November 23, 2012

Books "VACATIONS FROM HELL"



Books “LIBURAN DARI NERAKA”
Judul Asli : VACATIONS FROM HELL
“Cruisin” copyright © 2009 by Sarah Mlynowski
“I Don’t Like Your Girlfriend” copyright © 2009 by Amy Vincent / Claudia Gray
“The Law of Suspects” copyright © 2009 by Maureen Johnson
“The Mirror House” copyright © 2009 by Cassandra Claire, LLC
“Nowhere Is Safe” copyright © 2009 by Libba Bray
Translation copyright © 2012 by PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Shandy Tan
Editor : Primadonna Angela
Desain Sampul : Eduard Iwan Mangopang
Cetakan I : November 2012 ; 288 hlm 
Rate : 3 of 5

Jika ada yang pernah mengatakan tentang ‘selalu mengulang kesalahan yang sama’ – maka untuk kasus ini bisa jadi merupakan contoh seperti itu, karena sekali lagi diriku mencoba untuk membaca jenis cerita yang biasanya justru membuatku kecewa dan mengomel panjang-lebar. Namun dengan berusaha tetap berpikiran positif, kali ini kucoba sekali lagi membaca kumpulan kisah dari Neraka ini, apalagi para penulisnya termasuk lumayan bagus dalam menghasilkan karya-karyanya, sepanjang pengetahuanku. 

[ Sarah Mlynowski ]
Maka dimulailah kembali petualanganku dengan berbagai kisah paranormal-romance ini. Dibuka dengan ‘Cruisin’ (Vampir Kapal Pesiar), tanpa sempat memperhatikan lebih jelas judul yang tertera, kisah ini cukup menarik. Tentang 2 orang remaja putri yang berlibur di atas kapal pesiar. Tipikal 2 orang sahabat yang bertolak-belakang, Liz yang cantik, menarik, mudah bergaul, sedang Kristin kikuk, selalu ragu-ragu, dan masih perawan. Misi mereka adalah bagaimana membuat Kristin berhasil ‘menjerat’ pria pilihan yang akan membuatnya kehilangan keperawanannya. Pertemuan mereka dengan gadis bernama Hannah, membawa merek ke petualangan mencari pria yang tepat diantara isu-isu serangan vampir yang membuat beberapa orang menghilang di atas kapal pesiar. Kisah ini lumayan menarik dengan kejutan mendekati endingnya. Judul aslinya sungguh tepat, sedangkan terjemahannya sedikit mengurangi efek kejutan yang ada dalam kisah ini. Kuberi bintang 3 untuk kisah ini.


[ source ]
Kisah kedua ‘I Don’t Like Your Girlfriend’ (Aku Tidak Suka Cewekmu), tentang CecilyHarper – gadis remaja yang terpaksa harus mengikuti acara liburan keluarga di pantai wilayah Outer Banks, North Carolina. Bukan karena ia tak suka, karena sebenarnya acara ini merupakan ‘kamuflase’ pertemuan rutin perkumpulan rahasia The Craft – para penyihir wanita yang mewariskan kekuatannya kepada putri-putrinya. Melainkan karena Cecily harus bertemu kembali dengan Kathleen Pruitt – putri sahabat ibunya, yang sangat-sangat menyebalkan sekaligus mampu bertingkah laku keji demi memalukan Cecily. Dan kali ini Kathleen membawa serta cowok cakep, keren, sekaligus menakjubkan sebagai pacarnya. Masalahnya Cecily merasa Scott – cowok sempurna itu, jauh lebih cocok dengan dirinya, selera mereka sama, kegemaran serta pembicaraan mereka selalu mampu menyatu. Cecily tak habis berpikir apa yang dilihat Scott pada diri Kathleen yang egois, suka memerintah, dan tidak tertarik dengan topik-topik non-populer. Hingga suatu hari Cecily menemukan rahasia kelam yang melibatkan Kathleen, sesuatu yang bisa digunakan untuk membalas dendam ... ( kuberi bintang 2,5 )

[ Maureen Johnson ]
"The Law of Suspects’ (Hukum Praduga), berkisah tentang 2 saudara Marie-Louise ‘Marylou’ dan Charlotte ‘Charlie’ mendapati undangan berlibur ke Paris oleh saudara sepupu mereka Claude, berubah menjadi terdampar di suatu pedesaan terpencil di Prancis. Tiada hiburan atau kegiatan yang mampu memberikan penghiburan, membawa Charlie berjalan-jalan di sekitar kediaman mereka. Di sana ia bertemu dengan Henri – pria aneh yang selalu mencari anjingnya yang hilang, dan istrinya yang entah berada dimana. Lebih aneh lagi ketika suatu saat muncul Gerard – cowok menarik dengan kisah yang luar biasa tak masuk akal, tentang The Law of Suspects – kisah yang ada di dalam dokumen rahasia, mampu mempengaruhi siapa saja yang membacanya. Sang pembaca akan berubah dan segera melakukan pembunuhan, dan ketika akhirnya pelaku sudah diambang batas kewarasan, ia akan membunuh dirinya, namun sebelumnya akan bercerita kepada orang lain yang akan menjadi penerusnya. Kisah tentang tokoh-tokoh sejarah Perancis yang mengalami kematian tragis – ini akan terjadi kembali, berulang hingga ada yang memutuskan rantai-setan tersebut. Wow ___ ini kisah yang really spooky, sekaligus sangat menarik dengan memanfaatkan sejarah kerajaan Prancis. Dapat kubayangkan jika diangkat dalam wujud film, akan sangat mengerikan sekaligus menegangkan. Sayangnya penulis sedikit terjebak dengan memasukan adegan yang dianggap ‘romance’ tapi justru membuat bagai roman picisan, menurutku. Anyway, untuk ide serta plot yang menegangkan, kuberi 4 bintang. 

‘The Mirror House’ (Rumah Cermin), mmm ... kisah ini mencampur tentang legenda serta mitos masyarakat Haiti, tentang pengisap  jiwa muda serta kutukan. Terlibat di dalamnya pasangan keluarga baru yang seharusnya dalam rangka bulan madu, namun justru terjebak dalam serangkaian pertengkaran, penganiayaan, serta ketidakbahagiaan. Dan akhirnya demi kelangsungan kehidupan orang-orang yang dikasihinya, Violet harus memilih antara ibunya, Philip – suami baru ibunya, serta Evan – putra Philip yang sangat menarik. Pilihan yang mengharuskan dirinya memilih salah satu jiwa untuk dikorbankan kepada penyihir kuno. Kuberi bintang 3 untuk kisah ini.

[ Libra Bray ]
Last but not least ‘Nowhere Is Safe’ (Di Mana Pun, Tidak Aman), kisah tentang petualangan 4 orang remaja yang baru lulus SMA dan merayakannya dengan wisata di Eropa Timur, mengunjungi Necuratul –Kota Terkutuk, yang semenjak abad pertengahan sering dilanda malapetaka : kekeringan, wabah penyakit, penyiksaan dan pembantaian, serta kematian aneh. Kota tersebut akan segera dipugar menjadi fasilitas industri, maka ini adalah kesempatan terakhir jika hendak melihat-lihat kota legenda itu. John, Isabel, Baz serta Poe Yamamoto, mendapati berbagai keanehan dan kejanggalan itu sangat menghibur, hingga menjelang tanggal 13 Agustus – puncak perayaan festival Necuratul, memperingati peristiwa pengorbanan anak-anak terhadap iblis yang dilakukan oleh para leluhur. Dan ke-4 anak ini menyaksikan sesuatu yang seharusnya tidak ada di jaman modern. Pengorbanan itu masih berjalan, dan kini para jiwa penasaran bangkit membalas dendam pada manusia yang masih hidup. Yeahh ... mirip The Rise of the Zombie, but with a little-bit-twist. Menarik ? Lumayanlah, maka kuberi bintang 3,5

Best Regards,
* Hobby Buku * 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar